Monday, May 01, 2006

Pimpinan or pemimpin?

Dari beberapa kejadian (aaaahhhhkksss!!!), asik juga mengenal sedikit orang-orang yang jadi pimpinan atau bertindak sebagai pemimpin. Memang gaya tiap orang itu beda-beda. Kesimpulan yang agak kuno tapi ternyata lebih menarik saat dialami, diperhatikan, dianalisa dan diresapi sendiri.

Seorang pimpinan sibuk sendiri dengan kegiatan yang dilakukan semua bawahannya. Ia tahu kelemahan dan potensi bawahannya. Tapi, saat akan bertindak ia bingung sendiri, tidak tahu apa yang harus dilakukan, tidak tahu batas kewenangannya, kurang kreatifitas dan serba salah. Saat begini yang paling gerah tentu anak buah terdekatnya tentu. Dimintai pendapat, diajak diskusi, dipancing ide-idenya tapi sekaligus dihadapkan pada tatapan apatis dan gurauan sinis rekan-rekannya. Wah!!!

Seharusnya, seorang pemimpin bisa berdiskusi dengan semua bawahannya, tidak minta pendapat satu orang saja. Cuma, kalau beda tempat dan waktu jadi lain ceritanya. Agak repot walau terlihat lebih akrab. Informasi yang didapat anak buah jadi separo-separo. Kesan yang timbul juga menyulitkan. Seperti...kurang koordinasi...seperti...menguji pendapat tiap orang..seperti...menyembunyikan hal-hal tertentu...seperti...

Mungkin, sebaiknya, apakai cara seseorang yang selalu mengumpulkan anak buahnya setiap ada hal penting yang perlu dikoordinasikan. Mungkin partisipasi mereka akan variatif, tapi informasi bisa tersampaikan dengan cepat dan relatif sama. Masalah ada pembicaraan lain yang lebih khusus, ya silahkan saja. Yang sperti ini juga da macamnya. Ada yang senang membicarakan sampai detailnya, ada juga yang sebatas ide-ide, soal pelaksanaan ya terserah...toh udah pada gede ini:P Cuma kan ilmu dan pengalaman orang beda-beda.

Mau jadi seperti apa aku ini nanti? InsyaAllah, akalau diberi kesempatan jadi pemimpin, mudah-mudahan ilmu dan pengalamanku saat itu sudah cukup.

No comments:

Post a Comment