Monday, May 01, 2006

Soft Skill

Jadi notulis dalam sebuah diskusi di kampus tempat ku bekerja, nambah pengalaman dan pelajaran baru. Topiknya sih tentang kompetensi yang diperlukan seorang lulusan untuk terjun di dunia industri. Katnya sih, ada kompetensi yang belum bisa dibentuk di lembaga pendidikan (maaf buat yang berpendapat berbeda). Namanya "soft skill".

Kata orang seorang HRD sebuah perusahaan rokok yang beken dengan angka 234-nya, itu masalah klasik yang ditemui dunia industri pada calon pegawainya. Hal-hal seperti inisiatif, leadership, komunikasi, motivasi, willingness to learn, respect sama senior, kesiapan ditempatkan dimana saja dan disiplin mental lainnya, yang termasuk kategori soft skill.

Weuh...sambil mencatat omongan tiap orang yang berlomba memperkenalkan istilah-istilah keren dan kelebihan-kelebihan di lingkungan industrinya, aku bak dikuliahi tentang "soft skill" gitu:P
Jujur! Waktu lulus trus ngelamar kerja mah ga denger soal soft skill. Tapi memang itu dipakai banget dalam keseharian kerja. Inget tuh, kalau saat ngelamar kerja aku kena "tes kemampuan soft skill", dijamin ga lulus!!! Cuma baru sadar kalau tes soft skill itu ada di tengah-tengah perjalanan bekerja. walau awalnya mungkin ada ga lulusnya, tapi tes berikutnya, lumayanlah...ada hasil:D

Kalau ditanya sekarang sudah lulus atau belum, mending ngaku aja deh, belum...Tapi ga kecil hati, toh yang lebih senior banyak yang masih dapat tes. Ternyata tiap tingkatan terus di tes, sesuai kemampuan masing-masing :)

No comments:

Post a Comment